BAB 5
TREND SI/TI MASA DEPAN
A. Ekonomi API (Application Programming Interface)
API adalah gabungan perintah, fungsi, komponen, dan
protokol yang dapat dipakai oleh programmer saat membuat software untuk OS
(Operation System) tertentu. API membolehkan programmer untuk menggunakan
fungsi standar sehingga aplikasi-aplikasi saling berinteraksi dengan
system operasi tanpa ada campur tangan pengguna, seperti system manajemen
database (DBMS) atau komunikasi protocol. API diterapkan dengan menulis fungsi
panggilan atau sintaks dalam program, yang menyediakan fasilitas yang
diperlukan untuk meminta layanan program.
Keuntungan menggunakan API
Portabilitas. Programmer yang memanfaatkan API dapat
menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja kalau sudah terinstall
API-nya. Sedangkan system call berbeda antar sistem operasi, dengan catatan
dalam penerapannya mungkin saja berbeda.
Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih
tersusun/terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call.
Teknik Memakai API
Ø Dilakukan dengan mengimpor package/kelas
import java.until.Stack;
Ø Ada beberapa kelas bernama sama dipackage
yang berbeda, yaitu import salah satu dan menggunakan nama lengkap untuk yang
lain atau menggunakan nama lengkap semua kelas.
B. Robot Manusia
Robot adalah alat mekanik yang dapat melakukan tugas
fisik, baik ada yang menggunakan pengawasan dan kontrol manusia atau progam
yang telah di buat dahulu atau biasa disebut dengan kecerdasan
buatan. Robot humanoid adalah robot yang berpenampilan
keseluruhannya mirip tubuh manusia, dan robot ini mampu melakukan interaksi
dengan peralatan maupun lingkungan yang dibuat untuk manusia. Secara standar
robot humanoid mempunyai tubuh dengan kepala, dua
buah lengan dan dua kaki, walaupun ada pula beberapa bentuk robot
humanoid yang hanya berupa sebagian dari tubuh manusia, misalnya
dari pinggang ke atas. Beberapa robot humanoid ada yang
memiliki wajah, lengkap
dengan mata dan mulut. Android merupakan robot
humanoid yang dibangun untuk secara estetika menyerupai manusia. Tujuan
dibuatnya robot humanoid yaitu digunakan sebagai alat riset pada beberapa area
ilmu pengetahuan. Periset sendiri harus mengetahui struktur dan perilaku tubuh
manusia (biomekanik) agar ia dapat membangun dan mempelajari robot humanoid.
Periset sendiri harus mengetahui struktur dan perilaku tubuh manusia
(biomekanik) agar ia dapat membangun dan mempelajari robot humanoid. Di sisi
lain,upaya mensimulasikan tubuh manusia mengarahkan pada pemahaman yang lebih
baik mengenai hal tersebut. Kognisi manusia adalah bidang studi yang berfokus
kepada bagaimana manusia belajar melalui informasi sensori dalam rangka
memperoleh keterampilan persepsi dan motorik. Pengetahuan ini digunakan untuk
mengembangkan model komputasi dari perilaku manusia dan hal ini telah
berkembang terus sepanjang waktu.
Sensor merupakan alat yang dapat mengukur beberapa
atribut dan merupakan salah satu dari tiga primitif dari robotika (disamping
perencanaan dan pengendalian). Penginderaan memainkan peranan penting
dalam paradigma robotika. Sensor dapat dikategorikan berdasarkan proses
fisik dengan apa yang mereka kerjakan atau berdasarkan kepada jenis informasi
pengukuran yang mereka berikan sebagai keluaran. Dalam kasus ini, pendekatan
kedua yang dipergunakan.
Aktuator merupakan motor yang
bertanggungjawab untuk gerakan pada robot. Robot humanoid
dibangun agar mereka mirip dengan tubuh manusia, maka mereka juga
mempergunakan aktuator yang berlaku seperti otot dan sendi,
walaupun dengan struktur yang berbeda. Supaya dapat mencapai efek yang
sama dengan gerakan manusia robot humanoid menggunakan aktuator
rotari. Mereka dapat berbentuk elektrik, pneumatik, hidraulik, piezoelektrik,
atau ultrasonik.
Contoh lainnya yaitu robot Sophia :
Sophia adalah robot humanoid yang mempunyai
mimik wajah paling mendekati manusia. Bagian wajah dan leher menyimpan 62
struktur berbeda, dilapisi oleh kulit sintetis ‘Frubber’ dari bahan silikon.
Hal ini memungkinkan Sophia berekspresi secara natural. Tim Hanson menaruh
kamera di kedua mata sang robot, sehingga Sophia mampu mengenal wajah serta
membuat kontak mata dengan lawan bicaranya.
Potensi kemampuan Sophia tidak berhenti sampai di sana. Ia
bisa mengingat percakapan, interaksi, dan wajah. Artinya, semakin sering
berinteraksi, Sophia akan bertambah pintar.
Sophia dapat berpartisipasi dalam percakapan dengan
memanfaatkan softwarespeech recognition. Ia bahkan memiliki
‘kepribadian’, berbekal perangkat lunak Character Engine AI. Kepada CNBC,
Hanson menjelaskan bahwa robot sejenis Sophia bisa dipergunakan ke
berbagai bidang, contohnya layanan kesehatan, terapi, edukasi, serta ranah
pelayanan konsumen. Tim juga sempat melangsungkan studi robotik buat
mempelajari perkembangan fisik dan mental bayi.
Sang founder Hanson Robotics berkeyakinan, dalam
beberapa dekade lagi, robot dan manusia sulit dibedakan. Makhluk-makhluk
mekanik ini akan membantu kita berbelanja, bermain, menjadi teman, bahkan
menjadi pengajar. Namun ia juga menyadari, memang dibutuhkan sebuah elemen yang
bisa memisahkan robot dengan manusia.
C. Pekerja Teknologi Informasi Bagi Masa Depan
Berdasarkan situs Business Insider dan
CareerCast, dalam menganalisa seberapa cepat jenis-jenis pekerjaan
dibidang teknologi akan berkembang dan memprediksi pekerjaan sejenis yang
terkait. Dibawah ini merupakan enam pekerjaan di bidang teknologi yang
dibutuhkan di masa depan, sebagai berikut.
Web Developers : diperediksi meningkat 27%
setiap tahun Gaji pertahun: US$64.970 (data 2016 di AS) Web
developers memang bukan yang paling tinggi bayarannya. Tapi, pekerjaan ini
paling banyak dibutuhkan di dunia kerja. Hampir semua perusahaan
baik startup ataupun tipe korporasi, semua
mempunyai demand tinggi terhadap web developers. Hampir semua bidang
menggunakan website untuk aktifitas bisnis mereka.
Analis Sistem Komputer : diperediksi
meningkat 21% setiap tahun Gaji pertahun: US$85.800 (data 2016 di AS)
Selama seseorang bekerja menggunakan komputer dan membuat program, harus ada
seorang ahli yang bekerja untuk menganalisa permasalahan dari pembuatan program
tersebut agar bisa menghasilkan pekerjaan yang lebih efektif agak . Oleh
karena itu sistem analis banyak dibutuhkan.
Analis Keamanan Informasi : diperediksi meningkat
18% setiap tahun Gaji pertahun: US$90.120 (data 2016 di AS) Karena
penggunaan komputer, alat-alat teknologi dan penyimpanan data semakin
banyak serta penting, maka perusahaan bakal butuh analis keamanan
dari sistem informasi milik perusahaan supaya data-data tetap aman. Biasanya,
pemerintah dari suatu negara dan perusahaan multinasional
punya demand paling tinggi di bidang ini.
Developer Software, Aplikasi : diperediksi
meningkat 17% setiap tahun Gaji pertahun: US$100.690 (data 2016 di AS)
Keahlian ini dibutuhkan di perusahaan apapun. Dari perusahaan
yang high-tech sampe perusahaan yang punya sistem sederhana.
Pengembang aplikasi dikhususkan untuk mengatur software yang
disesuaikan sama kebutuhan perusahaan.
Data Scientist : diperediksi meningkat 16% setiap
tahun Gaji pertahun: US$128.240 (data 2016 di AS) “In God we trust,
others must bring data” adalah salah satu quote. Intinya, kita cuma
boleh percaya sama Tuhan, tapi untuk mengahadapi hal-hal sekitar seperti
penerimaan informasi, pengambilan keputusan atau mengatur rencana dan stategi,
semua harus berlandaskan data. Perusahaan semakin butuh orang-orang yang bisa
mengolah dan membaca data.
Administrator Sistem Jaringan dan Komputer : diperediksi
meningkat 8% setiap tahun Gaji pertahun: US$77.810 (data 2016 di AS) Saat
ini, tren cloud computing atau komputasi awan sudah banyak dipakai di
berbagai perusahaan. Apa iu komputasi awan? Intinya, perusahaan
tidak perlu beli banyak softwares untuk menjalankan sebuah
sistem. Mereka cukup menyewa per bulan lewat internet. Tuntutan pekerja di
bidang ini otomatis terus meningkat. Mereka yang punya kemampuan
untuk mengerti jaringan dan sistem komputer jadi banyak dibutuhkan.
BAB 6
TREND SI/TI DALAM BIDANG BISNIS
A. Pengertian dan Tujuan Bisnis
Bisnis adalah usaha
perdagangan yang dilakuin oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk
mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi
kebutuhan konsumen.
Perusahaan barsifat dinamis mengalami kemajuan dan kemunduran pada saat bergerak melalui siklus hidupnya. Perubahan atas kondisi ekonomi dan pasar memerlukan pemikiran kembali atas strategi perusahaan metode dan sarana yang digunakan untuk menghadapinya.
Perusahaan barsifat dinamis mengalami kemajuan dan kemunduran pada saat bergerak melalui siklus hidupnya. Perubahan atas kondisi ekonomi dan pasar memerlukan pemikiran kembali atas strategi perusahaan metode dan sarana yang digunakan untuk menghadapinya.
Tujuan Bisnis
Setiap bisnis atau perusahaan
berusaha ngolah bahan untuk dijadiin produk yang dibutuhkan oleh konsumen,
produk dapat berupa barang atau jasa.Tujuannya adalah unruk mendapatkan laba
atau keuntungan, yakni imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan
suatu produk bagi konsumen.
B. Teknologi Informasi dan Dunia Bisnis
Teknologi informasi Istilah TI
(Teknologi Informasi) atau IT (Information Technology) yang populer saat ini
adalah bagian dari mata rantai panjang dari perkembangan istilah dalam dunia SI
(Sistem Informasi) atau istilah IS (Information System). Istilah TI memang
lebih merujuk pada teknologi yang digunakan dalam menyampaikan maupun mengolah
informasi, namun pada dasarnya masih merupakan bagian dari sebuah sistem
informasi itu sendiri.
Sistem Informasi Bisnis, yaitu
merupakan kumpulan dari berbagai informasi yang memiliki kesatuan antara satu
dan yang lainnya yang ditujukan untuk kepentingan bisnis. Dalam mendukung
penyampaian suatu informasi maka dimanfaatkanlah teknologi informasi, yang
menggunakan teknologi computer sebagai media utama dalam penyampaian informasi.
Istilah ini merupakan perngembangan dari istilah Sistem Informasi (information
system). Semakin tinggi kualitas teknologi informasi yang digunakan maka
tingkat efektfitas dan efisiensi nya semakin baik. Elemen dan sistem bisnis
menurut sumber dayanya yaitu : Sumber daya Materi, Sumber daya
Manusia, Sumber daya Keuangan, dan Sumber daya Keterampilan Manajemen.
Dengan kemajuan
teknologi sangat berguna bagi kemajuan dan kesejahteraan kehidupan
manusia. Salah satu bukti nyata tentang kemajuan teknologi sangat terasa di
bidang IT atau teknologi informasi. Berikut ini adalah beberapa kegunaa TI/SI
dalam bidang bisnis:
Munculnya peluang bisnis baru (E-business), dengan semakin
majunya teknologi dan informasi akan mendorong beberapa orang untuk menciptakan
beberapa peluang yang sangat menguntungkan dan sebagai modal bisnis yang sangat
menguntungkan. Contohnya pemanfaatan kemajuan teknologi dan komunikasi adalah
google. Di mana search engine google banyak digunakan untuk mencari sesuatu di
internet dan perusahaan google akan mendapatkan banyak keuntungan.
Mengurangi biaya produksi dan operasional, kemajuan
teknologi dan informasi dapat membantu perusahaan dalam mengurangi biaya
produksi sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar dengan
mengeluarkan pengeluaran yang sedikit. dan mengurangi operasional sehingga
perusahaan dapat menambah jumlah produksi di setiap barang produksinya.
Mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap
karyawan, mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan yang
bekerja, sehingga karyawan tidak perlu repot-repot datang ke ruang rapat dan
berkumpul bersama, dan bisa melakukan teleconference untuk saling berkomunikasi
mengenai beberapa ide. Hal tersebut membuat rapat menjadi lebih praktis dan
juga dapat mengawasi kinerja para karyawan.
Akses informasi dan penyebaran informasi, mempublikasikan
berita melalui internet dapat tersebar luas dengan cepat dibandingankan dengan
enggunakan fax atau pos. Kita dapat menyebar luaskan informasi ke seluruh dunia
dan dapat berinteraksi langsung melalui komputer.
Komunikasi yang cepat, fasilitas yang ada di internet banyak
membuktikan kecepatanya berkomunikasi dengan orang yang dituju, seperti E-mail
yang telah banyak digunakan untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau
video conferencing juga mempercepat komunikasi.
C. Prosedur Pendirian Bisnis, Kontrak Kerja, dan Prosedur Pengadaan
Prosedur pendirian bisnis
Tahap pengurusan izin pendirian : ditahap ini kita harus
mengurus izin untuk mendirikan sebuah bisnis atau usaha dengan mengumpulkan
semua dokumen-dokumen yang diperlukan dalam mendirikan bisnis atau usaha.
Diantara dokumen-dokumen tersebut adalah : Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Nomor
Pokok Wajib Pajak (NPWP), Bukti Diri, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang
didapatkan dari Departemen Perdagangan, Surat Izin Usaha Industri (SIUI) yang
didapatkan dari Departemen Perindustrian, Suat Izin Mendirikan Bangunan (IMB),
dan beberapa dokumen lainnya.
Tahap pengesahan menjadi badan hukum : tidak semua badan
usaha memerlukan badan hukum, akan tetapi jika lebih baik usha tersebut
mempunyai badan hukumnya. Pengakuan badan hukum bisa didasarkan pada Kitab
Undang-undang Hukum Dagang (KUHD), hingga Undang-undang Penanaman Modal Asing
(UU PMA).
Tahap penggolongan menurut bidang yang dijalani : dalam
tahap ini, bissnis atau badan usaha tersebut dibagi dalam berbagai kelompok
jenis berdasarkan jenis yang dijalani. Berdasarkan jenis tersebut pengurusan
surat izin sesuai dengan departemen yang menaunginya, seperti Perdagangan,
Perindustrian, Perikanan, dll.
Tahap mendapat pengakuan, pengesahan izin dan izin dari
departemen lainnya : setelah mendapat izin dari departemen yang menanuginya,
kemudian bisnis atau badan usaha tersebut harus mendapatkan izin juga dari
departemen lainnya. Seperti izin dari BP POM, MUI (untuk mendapatkan kategori
halal), dll.
Kontrak Kerja
Kontrak merupakan
perjanjian yang bentuknya tertulis. Jadi Kontrak kerja adalah suatu
perjanjian antara pekerja dan pengusaha secara lisan dan/atau tulisan, baik
untuk waktu tertentu maupun untuk waktu tidak tertentu yang memuat
syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban. Dalam suatu kontrak bisnis, ikatan
kesepakatan dituangkan dalam suatu perjanjian yang bentuknya tertulis. Hal ini
untuk kepentingan kelak, jika dikemudian hari terjadi sengketa berkenaan dengan
kontrak itu sendiri, maka para pihak dapat mengajukan kontrak tersbut sebagai
salah alat bukti. Kontrak di Indonesa diatur dalam Kitab Undang -undang Hukum
Perdata (KUHPerdata) Buku III tentang Perikatan. Perikatan dapat lahir dari
perjanjiandan undang-undang. Perjanjian itu sendiri meliputi perjanjian yan g
bentuknyatertulis (kontrak) dan perjanjian lisan. Dari uraian singkat tersebut
terlihatbahwa kontrak dengan perikatan memiliki kaitan, yaitu bahwa kontrak
merupakan salah satu sumber dari perikatan.
Prosedur Pengadaan
Prosedur pengadaan terdiri dari prosedur pengadaan tenaga
kerja dan prosedur pengadaan barang dan jasa.
Prosedur Pengadaan Tenaga Kerja
Perencanaan tenaga kerja adalah penentuan kuantitas dan
kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan dan cara memenuhinya. Penarikan Tenaga
Kerja Penarikan tenaga kerja diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber internal
dan sumber eksternal. Sumber internal yaitu menarik tenaga kerja baru dari
rekomendasi karyawan lama dan nepotisme, berdasarkan sistem kekeluargaan,
misalnya mempekerjakan anak, adik, dan sebagainya. Seleksi Tenaga
Kerja ada lima tahapan dalam menyeleksi tenaga kerja, yaitu;
1. Seleksi administrasi,
2. Tes kemampuan dan
psikologi,
3. Wawancara
4. Tes kesehatan dan
referensi (pengecekan).
5. Penempatan Tenaga
Kerja Penempatan tenaga kerja adalah proses penentuan jabatan seseorang yang
disesuaikan antara kualifikasi yang bersangkutan dengan job specification-nya.
D. Aplikasi Bisnis
ASPEK PEMASARAN
Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan pemasaran untuk menjalankan
bisnis (profit/nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa,
menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses
pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Marketing mix (bauran pemasaran) merupakan seperangkat alat
pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran
(Kotler 1999). Secara umum, bauran pemasaran meliputi kegiatan – kegiatan yang
berkaitan dengan :
1) Perencanaan Barang (Product)
2) Penetapan Harga (Price)
3) Program Promosi (Promotion)
4) Saluran Distribusi (Place)
Sejalan dengan semakin kompetitifnya dunia bisnis, 4-P
tersebut berkembang. Pawitra (1993) menegaskan bauran pemasaran meliputi 7-P
yaitu product, place, price, promotion, participant, physical evidence dan
process. Sedangkan Payne (1993) menyatakan bauran pemasaran terdiri dari
product, place, price, promotion, people, processes dan provision of consumer
service.
Analisis situasi pasar
Perencanaan Barang (Product)
Atribut – atribut produk adalah sesuatu yang melengkapi
manfaat utama produksi sehingga mampu lebih memuaskan konsumen. Adapun atribut
– atribut produk meliputi Merk (Brand), Pembungkusan (Packaging), Label,
garansi atau jaminan (Warranty) dan produk tambahan (Service).
Penetapan Harga (Price)
Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk (bagi
konsumen maupun bagi prdusen) yang umumnya dinyatakan dalam satuan moneter
(rupiah, dollar, yen, ruppe, dan sebagainya).
Program Promosi (Promotion)
Promosi adalah pesan yang dikomunikasikan langsung kepada
calon pembeli melalui berbagai unsur yang terdapat dalam program promosi.
Saluran Distribusi (Place)
Salah satu keputusan yang sangat penting sebelum memulai
usaha adalah memilih lokasi yang tepat dan strategis sebagai usaha.
Segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah prose membagi – bagi pasar yang
semula berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang
berperilaku lebih seragam. Tujuan segmentasi pasar adalah untuk memperoleh bagian
pasar yang mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam.
Basis segmentasi untuk pasar konsumen yang paling umum dapat
digunakan adalah aspek geografis, demografis, psikografis, dan perilaku.
1. Geografis
Pasar dapat dibedakan menurut batas – batas wilayah atau
daerah seperti propinsi, kota, desa, dan lain – lain.
2. Demografis
Pasar dapat dibedakan menurut perbedaan kelompok – kelompok
seperti umur, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, pekerjaan, dsb.
3. Psikografis
Pasar dapat dibedakan menurut perbedaan kelompok – kelompok
yang berlainan seperti kelas social, sikap, motivasi, persepsi, dsb.
4. Perilaku
Perilaku / kebiasaan seperti membeli, mengkonsumsi, dsb.
Strategi promosi
Promosi adalah pesan yang dikomunikasikan langsung
kepada calon pembeli melalui berbagai unsur yang terdapat dalam program
promosi. Kegiatan promosi dapat berupa :
· Iklan (menginformasikan produk pada masyarakat)
· Penjualan langsung (langsung ke konsumen)
· Promosi penjualan (untuk membeli lebih banyak
produk)
· Hubungan masyarakat (citra baik tentang produk)
· Publikasi (promosi gratis)
Metode – metode yang dilakukan dalam promosi yaitu :
a. Promosi special
Misalnya : mengikuti pameran, undian berhadiah, poster/selembaran.
b. Promosi dari mulut ke mulut.
c. Publikasi.
d. Iklan, misalnya TV, radio, majalah, Koran.
e. Penjualan langsung (face to face).
E. Proses dan Strategi Pengembangan Bisnis TI
Dasar Perencanaan, Proses
perencanaan dapat dilaksanakan menyeluruh, misalnya dalam perencanaan
korporat, perencanaan strategis, atau perencanaan jangka panjang. Bisa juga
dilakukan per divisi atau unit bisnis stategis menjadi rencana divisi atau anak
perusahaan tertentu yang lebih besar. Menurut O’Brien (2005), peran
strategis sistem informasi dalam organisasi adalah memperbaiki efisiensi
operasi, meningkatkan inovasi organisasi dan membangun sumber daya informasi
yang strategis.
Tantangan Implementasi Pada bahasan ini,
kita membahas mengenai tantangan implementasi bisnis kepada pengembangan
system. Kata implementasi bermuara pada aktivitas, adanya aksi, tindakan, atau
mekanisme suatu sistem.
Masalah yang dihadapi dalam implementasi tersebut biasanya
adalah sebagai berikut :
Pengguna tidak mengetahui kemampuan teknologi yang dapat
digunain untuk membantu proses bisnis yang dikerjakannya setiap hari, dan pada
tahap analisa developer juga tidak mengetahui benar-benar proses bisnis yang
berlangsung atau juga karena standard dari developer yang kurang dalam membuat
program sehingga program yang dihasilin adalah program yang baik.
Kedua belah pihak tidak memahami asumsi dan ketergantungan
yang ada dalam system dan bisnis proses, sehingga pada tahap implementasi jika
ada bagian dari proses bisnis yang belum di cover oleh system dan kemudian
dibuatkan fungsi baru yang ternyata menimbulkan masalah.
Dalam implementasi system terintegrasi, dimana pengguna
tidak dapat menjadikan implementasi sebagai prioritas pertama, dimana pengguna
yang sudah disibukkan dengan kegiatan operasional akan berpura-pura menyetujui,
menjalankan dan mengikutinya tetapi pada kenyataannya semuanya tidak berjalan
sesuai dengan harapan. Akan membutuhkan CETL yang lama jika dijadikan sebagai
resource untuk aplikasi BI.
Pengembangan Sistem Bisnis, Sistem
Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dengan aktivitas
orang/user, yang menggunakan teknologi itu, untuk mendukung operasi dan
manajemen. Jadi, bisa dipastiin bahwa semua perusahaan butuh. Nah, ketika kita
membicarakan perusahaan, maka kita akan berbicara juga mengenai profit. Dan
manakala kita membicarakan profit, otomatis kita pasti akan juga membicarakan
manajemen. Karena dengan manajemen yang baik, pastinya akan menghasilkan profit
yang baik juga. Itulah peluang yang sangat besar jika kita mulai melihat
Pengembangan Sistem Informasi sebagai proyek bisnis kita kelak.
F. Aturan E-Business Pada Bisnis
1. Komunikasi
Dengan komunikasi adalah adanya
fasilitas atau media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi,
layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran secara elektronik) dan
perpindahan barang dari penjual ke pembeli. Media komunikasi yang memadai yang
bisa mempertemukan pelaku e-Business menjadi syarat utama terselenggaranya.
2. Komersial (Perdagangan)
Sisi komersial yang disyaratkan
pada e-Business adalah adanya sistem untuk melakukan transaksi online mulai
dari promosi barang, pemesanan barang, pembayaran dan pengiriman barang. Pembeli
barang memesan barang tidak memerlukan melihat barang secara langsung tetapi
melalui gambar atau spesifikasi yang tercantum dalam website. Sedangkan
untuk pemesanan, sistem shopping online terhubung dengan sistem inventory untuk
mengetahui stock barang sehingga barang yang dibeli memang ada. Untuk
pembayaran, sistem shopping online harus terhubung dengan otoritas pembayaran
misalnya bank atau penyedia kartu kredit agar nilai yang dibayarkan oleh
pembeli berasal dari alat pembayaran yang sah dan memiliki nilai yang cukup.
3. Proses Bisnis
Setiap pelaku e-Business yang ingin
melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaat semaksimal mungkin dari
e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis internal dengan
memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi, transaksi, maupun lama
pengiriman barang menjadi dipersingkat,
biaya transaksi menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan
dengan perdagangan yang dilakukan secara tradisional.
4. Layanan
Bagi setiap institusi yang menjadi
pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet seharusnya
menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis, dan lebih
terjangkau. Misalnya, dimensi barang yang ditawarkan beserta spesifikasinya
bisa diperiksa lebih seksama sebelum dibeli (diakses melalui website), tidak
diperlukan toko secara fisik, dan bisa diakses dari mana saja dengan
menggunakan internet. Bahkan dengan sistem informasi, customer bisat
dilayani secara khusus dan personal karena data-data aktifitas customer direkam
dan bisa dilakukan analisis untuk meningkatkan pelayanan.
5. Learning
Untuk meningkatkan ”awareness” baik
diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi sangat penting agar
semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari manfaat dan kelebihan dari
transaksi online. Perbedaan dengan transaksi tradisional adalah pembeli
dan penjual tidak perlu belajar sebelum melakukan transaksi sedangkan
transaksi online karena pengguna maupun pelaku tidak berhadapan
dengan manusia tetapi dengan mesin komputer maka diperlukan proses edukasi agar
mereka bisa menggunakan fasilitas atau media transaksi dengan lancar.
6. Kolaborasi
Satu siklus transaksi online antara
penjual dan pembeli melibatkan stakeholder lain yang harus
berkolaborasi untuk menyelesaikan transaksi tersebut. Pada saat pembayaran maka
akan terjadi kolaborasi antara penyediashopping online dengan bank atau
penyedia kartu kredit untuk menyelesaikan proses pembayaran. Setelah dibayar
maka terjadi kolaborasi antara penyedia shopping online dengan
gudang, dan jasa pengiriman barang untuk mengantarkan barang sampai ke pembeli.
Pihak lain yang juga terlibat adalah pihak asuransi untuk melakukan penjaminan
transaksi maupun atas barang yang dikirim. Kolaborasi yang terjadi
dalam e-Business.
7. Komunitas
Dalam dunia maya WWW (world wide web)
komunitas merupakan salah satu indikator untuk mengukur aktifitas pengguna.
Dalam e-Business, komunitas merupakan media yang cukup penting untuk belajar
dan memperbaiki diri secara terus menerus baik dari sisi pelaku maupun pengguna
dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme transaksi.
Komentar
Posting Komentar