1. Sejarah Perkembangan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
- Sejarah Teknologi Informasi
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar, jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat mencoba memahami informasi yang ingin disampaikan si pembuat.
Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.
Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar ke area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
- Perkembangan Komputer
Perkembangan alat menghitung ini dapat kita mulai dengan dikenalnya sejenis alat hitung yang dinamakan ABACUS (sempoa) di daratan Cina kira-kira tahun 2000 sebelum masehi.
ABACUS |
Pada tahun 1617 John Napiar dari Scotlandia menemukan cara hitung dengan menggunakan tabel bujur sangkar yang terdiri dari (9 x 9) kolom masing-masing berisikan angka 1 sampai angka 9 yang dikenal dengan nama NAPIER'S BONES.
NAPIER'S BONES |
Pada tahun 1621 ditemukan Slide rule yang merupakan arah maju dari alat hitung yang bersifat mekanis.
SLIDE RULE |
Selanjutnya tahun 1642 Pascal seorang ahli matematika menciptakan mesin hitung mekanis yang kemudian dikenal dengan PASCAL'S ARITHMETIC MACHINE.
PASCAL'S ARITHMETIC MACHINE |
Tahun 1674 Gotfriend Leibnitz dari Jerman menciptakan mesin hitung yang dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian. Alat ini kemudian dikenal dengan nama LEIBNETZ CALCULATION MACHINE.
LEIBNETZ CALCULATION MACHINE |
Lalu pada tahun 1812 seorang Matematikawan dari Perancis yaitu Charles Babbage berhasil menciptakan suatu mesin hitung yang dinamakan BABBAGE CALCULATION MACHINE. Mesin yang diciptakan Babbage ini telah menggunakan konsep yang sama yang terdapat pada komputer sekarang ini. Mesin ini juga mengenal semacam storage untuk menyimpan data. Mesin ini juga sudah sanggup melakukan perhitungan sederhana dalam Trigonometri dan Logaritma secara automatis. Karena mesin ini mempunyai suatu storage atau tempat penyimpanan maka mesin ini mampu menyimpan data atau hasil perkalian suatu operasi yang akan digunakan dalam operasi selanjutnya.
BABBAGE CALCULATION MACHINE |
Tahun 1890 Herman Hollerith dari Biro Sensus Amerika Serikat menciptakan mesin punched card counting yang menggunakan punch card sebagai media datanya. Penemuan punch card ini merupakan penemuan yang gemilang dalam sejarah Komputer sehingga Herman Hollerith dijuluki Bapak Komputer modern.
PUNCHED CARD |
Selanjutnya pada tahun 1944 Howard Aiken dari Harvard University yang bekerja sama dengan International Business Machines (IBM), berhasil membuat sebuah mesin komputer yang mampu melakukan serentetan operasi Aritmatika secara otomatis. Mesin ini dinamakan MARK-1 dan dapat dikatakan sebagai komputer pertama yang diciptakan oleh manusia.
MARK - 1 |
Lalu J. Presper dan John W. Mauchly dari University of Pensylvania merancang sebuah mesin komputer electronic yang diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integer and Calculator). Mesin yang melakukan operasi secara electronic ini selesai pada tahun 1945. Kemudian kedua orang inipun mengembangkan suatu mesin komputer electronic yang menggunakan angka-angka biner (binary number) dalam operasi aritmatikanya. Mesin ini dinamakan EDVAC yang selesai pembuatannya pada tahun 1952. Pada tahun ini juga University of Cambridge telah menciptakan komputer yang sejenis yang diberi nama EDSAC.
ENIAC |
EDSAC |
UNIVAC-I adalah komputer pertama yang diperdagangkan dan dijual oleh Remington Rand pada tahun 1949. Komputer ini dibuat oleh Eckert Maughly Computer Company pada tahun 1946. Untuk masa lebih kurang 5 tahun, jenis komputer ini sangat terkenal, hingga pada tahun 1953 komputer produksi IBM muncul seperti IBM-701, kemudian disusul oleh IBM-655 yang diproduksi tahun 1954.
UNIVAC-1 |
IBM-701 |
IBM-665 |
Saat ini telah muncul banyak pabrik yang memproduksi Komputer, dan banyak kita temui komputer dengan bermacam merek dan untuk bermacam-macam kegunaannya seperti IBM, RADIO SHACK, UNIVAC, TEXAS INSTRUMENT, NEWLEWT PACKARD, NEC, APPLE, COMMODORE, CROMENCO dll.
- Perangkat Komputer
Perangkat komputer terdiri dari 2 bagian, yaitu Perangkat Lunak (Software) dan Perangkat Keras (Hardware).
- Perangkat lunak (software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.
- Perangkat keras (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
- Pemanfaatan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
- Sistem Informasi bertujuan untuk menghasilkan informasi. Sistem informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para pemakainya. Data yang diolah saja tidak cukup dapat dikatakan sebagai suatu informasi. Pemanfaatan SI dapat mencakup berbagai hal mulai dari Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Pemasaran, Sistem Informasi Manufaktur, Sistem Informasi Keuangan, Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dll.
- Teknologi Informasi (TI/ IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). Pemanfaatan TI/ IT pada beberapa bidang modern Teknologi Web, Bioinformatika, ''Cloud Computing'', Sistem Informasi Global, Skala Besar Basis Pengetahuan dan lain-lain.
2. Perkembangan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
- Pemahaman Komponen Perangkat Keras
Beberapa Komponen Hardware :
1. Input
Input adalah salah satu bagian/ komponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat memasukkan data maupun instruksi-instruksi kepada komputer.
Input adalah salah satu bagian/ komponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat memasukkan data maupun instruksi-instruksi kepada komputer.
Contoh alat - alat input :
- Keyboard
- Mouse
- Microphone
- Scanner
Proses adalah adalah alat-alat yang berfungsi mengolah data kedalam komputer setelah mengalami proses Input.
Contoh alat - alat proses :
- CPU (Central Processing Unit), adalah otak dari komputer
- ALU (Arithmetic Logical Unit), berfungsi untuk melakukan proses data yang berbentuk angka dan logika
- CU (Control Unit), berfungsi untuk melakukan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan.
3. Output
Output adalah suatu komponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat mengeluarkan hasil-hasil pegolahan yang telah dilakukan oleh komputer.
Contoh alat - alat output :
- Monitor
- Speaker
- Printer
4. Kontrol
Unit kendali atau Control Unit (CU) adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas bagian lainnya dari perangkat CPU.
5. Penyimpanan
Memori (atau lebih tepat disebut memori fisik) merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang. Oleh karena itulah, sebelum mematikan komputer, semua data yang belum disimpan ke dalam media penyimpanan permanen (umumnya berbasis disk, semacam hard disk atau floppy disk), sehingga data tersebut dapat dibuka kembali di lain kesempatan. Memori fisik umumnya diimplementasikan dalam bentuk Random Access Memory (RAM), yang bersifat dinamis (DRAM). Mengapa disebut Random Access, adalah karena akses terhadap lokasi-lokasi di dalamnya dapat dilakukan secara acak (random), bukan secara berurutan (sekuensial). Meskipun demikian, kata random access dalam RAM ini sering menjadi salah kaprah. Sebagai contoh, Read Only Memory (ROM), juga dapat diakses secara random, tetapi ia dibedakan dengan RAM karena ROM dapat menyimpan data tanpa kebutuhan daya dan tidak dapat ditulisi sewaktu-waktu. Selain itu, hard disk yang juga merupakan salah satu media penyimpanan juga dapat diakses secara acak, tapi ia tidak digolongkan ke dalam Random Access Memory.
- Pemahaman Komponen Perangkat Lunak
1. Evolusi Perangkat Lunak
Era Pertama
a. Batch orientation
Suatu orientasi di mana proses dilakukan setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu, atadilakukan setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah ONLINE atau Interactive Process.
Keuntungan dari Interactive adalah mendapatkan data yang selalu up to date.
b. Limmited distribution
Suatu penyebaran software yang terbatas pada perusahaan-perusahaan tertentu.
c. Custummer software
Software yang dikembangkan berdaasarkan perusahaan-perusahaan tertentu.
Era Kedua
a. Multi User
Suatu sistem di mana satu komputer digunakan oleh beberapa user pada saat yang sama.
b. Real time
Suatu sistem yang dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari berbagai sumber, mengontrol proses dan menghasilkan output dalam mili second.
c. Database
Perkembangan yang pesat dari alat penyimpan data yang OnLine menyebabkan muncul generasi pertama DBMS (DataBase Management System).
d. Product Software
Adalah software yang dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat luas.
Era Ketiga
a. Distibuted system
Suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan pada komputer induk (Host computer), daerah atau bidang lainnya yang juga memiliki komputer yang ukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawan dari distributed system adalah Centralized System.
b. Embedded intellegence
Suatu product yang diberi tambahan “Intellegence” dan biasanya ditambahkan mikroprocessor yang mutakhir. Contohnya adalah automobil, robot, peralatan diagnostic serum darah.
c. Low cost hardware
harga hardware yang semakin rendah, ini dimungkinkan karena munculnya Personal Computer.
d. Consumer infact
Adanya perkembangan komputer yang murah menyebabkan banyaknya software yang dikembangkan, software ini memberi dampak yang besar terhadap masyarakat
Era Keempat
a. Expert system
Suatu penerapan A.I. (Artificial Intellegence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran, komunikasi, dll.
b. AI Machine
Suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagian otak manusia. Misalnya mesin robot, komputer catur.
c. Parallel Architecture
Arsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanya prosesor berbeda dalam satu komputer.
2. Klasifikasi Perangkat Lunak
- Prangkat Lunak Sistem
a) Bahasa Permrograman
Bahasa Pemrograman adalah bahasa-bahasa yang dipakai oleh programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi (program).
Contoh Bahasa Pemrograman:
1. ASSEMBLER : Suatu bahasa yang lebih dekat dengan mesih (Machine Oriented Languange).
2. COBOL : Common Bussiness Oriented Language, untuk aplikasi komersil (bussiness).
3. FORTRAN : Formula Translator, untuk aplikasi ilmiah/ teknik
Menurut tingkatannya Bahasa Pemrograman digolongkan menjadi 3 macam, yaitu Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Laguage), Bahasa Tingkat Menengah (Medium Level Language) dan Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language).
b) Sistem Operasi
Sistem Operasi adalah bagian software yang sangat pentin, merupakan kumpulan program yang mengontrol dan mengatur seluruh kegiatan processing di dalam sistem.
Pada prinsipnya, oprating system merupakan kumpulan dari program routine dan prosedur, yang dibuat untuk memperkecil peranan manusia dalam sistem dan untuk membesar efisiensi sistem. Kemampuan Komputer beroperasi itu sangat ditentukan oleh konfigurasi dan kapasitas komputer dalam instalasi komputer.
Contoh-contoh Sistem Operasi:
- BOS (Basic Operating System)
- TOP (Tape Operating System)
- DOS (Disk Operating System)
- OS/VS (Operating System/ Virtual Storage).
c) Utility
Kerja sebuah komputer tidak hanya ditentukan dari potensi yang ada pada perangkat kerasnya saja, tetapi juga ditentukan dari paket perangkat lunak apa yang dipergunakan. Agar kinerjanya dapat lebih tinggi lagi, maka digunakanlah utility program atau program bantu, yang bekerja simultan terhadap paket perangkat lunak utama yang digunakan.
Contoh program Utility:
- Norton Utility
- PC Tools
- Mace Utility.
- Perangkat Lunak Aplikasi
a) Aplikasi Office
Aplikasi Office adalah sebuah paket perangkat lunak yang diperuntukkan khusus untuk pekerjaan di kantor. Komponen-komponennya umumnya didistribusikan bersamaan, memiliki antarmuka pengguna yang konsisten dan dapat berinteraksi satu sama lain. Kebanyakan aplikasi paket perkantoran terdiri dari sedikitnya sebuah pengolah kata dan sebuah lembar kerja. Sebagai tambahan, paket dapat terdiri dari sebuah aplikasi presentasi, peralatan basis data, paket grafis dan peralatan komunikasi. Sebuah paket perkantoran juga dapat memiliki sebuah klien surat elektronik dan manejer informasi pribadi atau paket groupware.
Paket perkantoran yang paling dominan saat ini adalah Microsoft Office, yang tersedia untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Apple Macintosh dan telah menjadi perangkat lunak paket perkantoran standar secara de-facto.
1. Microsoft Office Word
Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft.
2. Microsoft Office Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel atau Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.
3. Microsoft Office PowerPoint
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.
b) Aplikasi Multimedia
Aplikasi Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Contoh Aplikasi Multimedia:
- VLC Media Player
- Media Player Classic
- WinAmp
- Macromedia
- Corel Photo Paint
- Adobe Photoshop
- Power Director
- NOTEPAD++.
c) Aplikasi Internet
Aplikasi Internet adalah sebuah perangkat lunak yang berhubungan dengan internet. Umumnya "Internet Suite" merupakan gabungan web browser, e-mail client (dilengkapi news client dan address book), download manager, HTML editor, dan IRC client.
Komentar
Posting Komentar